• Twitter
  • Facebook
  • Instagram
  • Youtube

Kamis, 14 Februari 2019

Presean, Seni Bela Diri Lombok


Presean Lombok di Bawah Pohon
Presean adalah salah satu seni bela diri Lombok. Saat ini seni presean Banyak dipertontonkan di Lombok dalam menyambut berbagai acara atau untuk melengkapi suatu prosesi adat. Presean akan mempertandingkan dua orang laki-laki untuk bertarung menggunakan sebatang rotan dan memakai tameng dari bahan kulit. Akan tetapi ada yang unik dalam seni Presean ini, yaitu dalam fair play nya tidak ada yang kalah atau menang, karena pada dasarnya presean adalah seni bela diri yang tidak mencari kalah menang.

Dahulu presean tidak hanya sebatas mempertandingkan dua orang, akan tetapi sebagai ajang gengsi untuk mempertaruhkan nama baik kelompok, kampung hingga sebagai pembuktian ajian siapa yang paling kuat.

Jika presean tidak mencari kalah menang, lalu bagaimana menentukan siapa yang kalah dan siapa yang memang. Ituluah hebatnya, laki memang harus jantan. Pepadu sebutan untuk pemain presean tahu rasa kekuatan lawannya, dan ia pun tahu apakah ia telah mengalahkan lawannya atau malah sebaliknya. Selebihnya penonton yang menilai dengan prsepsinya masing-masing. Hingga di akhir pertandingan, selalu dipastikan keduanya adalah pemenang.

Jika kalian ingin menonton atau menyaksikan presean langsung di Lombok, ada momen-momen tertentu untuk kalian bisa menemukan presean. Di antaranya adalah satu minggu sebelum event Bau Nyale, dalam meyambut bulan maulid, bahkan kadang juga diadakan dalam memeriahkan hari kemerdekaan. Semoga kita bisa menyaksikan presean bersama ya.

Presean Pepadu Lombok di Bawah Pohon

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Send Me Your Mail


Mohon Kritik dan Saran

Kirimkan kritik dan saran Anda untuk membantu blog ini lebih baik.

Apabila Anda punya pertanyaan, dapat juga melalui komentar.