• Twitter
  • Facebook
  • Instagram
  • Youtube

Kamis, 09 Januari 2020

Begasingan - Permainan Tradisional Lombok Tak Lekang Waktu


Budaya, memang menjadi salah satu identiteas suatu bangsa atau golongan. Sangat erat keterkaitan atara budaya dengan bangsa atau golongan tersebut. Adapun budaya itu sendiri meliputi pakian, kegiatan, bahasa atau tutur kata, termasuk juga permainan tradisional dan masih sangat banyak lagi.


Begasingan, salah satu permainan tradisional Lombok. Boleh jadi permainan ini juga terdapat di daerah lain di Indonesia ini, atau mungkin juga di luar negeri. Tetapi inilah bentuk dan wujud permainan yang begasingan yang Lombok miliki. Saya tidak dapat menyebutkan secara pasti tahun sejak kapan permainan ini ada, yang pasti kini permainan ini mulai tergeser oleh keberadaan segala macam bentuk permainan digital.

Begasingan sendiri dapat dimainkan oleh anak-anak maupun dewasa. Cara main dan aturannya pada dasarnya sama, hanya yang membedakan ukuran gansingnya sendiri. Untuk anak-anak tentu kecil dengan bentuk bermacam-macam, sedangkan untuk dewasa lebih besar dan umumnya bentuknya seperti piring.

Gansing atau gasing, berbentuk piringan pipih dengan poros tajam. Pinggiran gansingnya dilapisi besi, poros atas dan bawahnya juga dilapisi besi. Perputarannya berasal dari tali temali sepanjang kurang lebih satu meter yang dililitkan pada poros atas. Gasing ini dapat berputar bahkan mungkin lebih dari setengah jam jika tidak di ganggu. Bahan dasarnya terbuat dari kayu pilihan yang pastinya kuat dan tahan benturan.

Saat ini, tidak banyak yang bisa membuat gansing semacam ini. Yang memainkannya pun jarang. Bukan karena tidak bisa, tapi inilah jaman yang disebut MODEREN, dimana semua serba digital dan dituntut cepat. Bahkan bisa jadi permainan ini kelak akan punah, sebap tak ada yang dapat membuat mainannya, apalagi memainkan, lebih-lebih tempat untuk memainkannya.

Saat ini, melalui upaya pemerintah, permainan tradisional Begasingan ini kembali dihidupkan dengan dijadikan sebagai ajang perlombaan hingga pertunjukan. Semoga permainan ini tetap eksis, mari kita jaga budaya kita dengan melestarikan budaya sendiri.

Teknologi boleh saja maju, tapi budaya tetap nomor satu.

Silahkan tonton video begasingan melalui chanel YouTube Oget ID, atau dengan klik link dibawah ini.




Terimakasih.

Tonton juga videonya melalui YouTube
YouTube Channel : Oget ID
Link Video : 


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Send Me Your Mail


Mohon Kritik dan Saran

Kirimkan kritik dan saran Anda untuk membantu blog ini lebih baik.

Apabila Anda punya pertanyaan, dapat juga melalui komentar.